Thursday, May 18, 2017

Plurigo Part 2

First of all... I would like to say thank you to all comments in my first post about Plurigo. And if you haven't read it, please do. You may check it here Plurigo part1

So here is another posting about Plurigo.... Oh no... not another, but it's a continuation of the last posting about Plurigo. That why I take the tittle Plurigo Part 2. 

Ok... sharing ini gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi, so if you guyysss have a different experience, feels free to share it too... 

Plurigo merupakan sebuah kondisi dimana kondisi kulit super sentitif dan cepat bereaksi terhadap faktor-faktor pemicu. Bukan cuma hati & perasaan aja yang sensitif cccyyynnn, Reaksi yang dihasilkan biasanya gatal-gatal atau alergi. Hal-hal yang memicu gatal/alergi antara lain;
  • Makanan. Kalo saya alergi makan udang. Memang reaksinya gak langsung sih. Makannya siang.... malamnya baru berasa gatal. 
  • Kebersihan lingkungan. Debu di rumah, di kantor, di kampus/sekolah, di mobil, di jalanan.
  • Suhu ruang / Cuaca. Cuaca panas bikin keringatan. Keringat bikin daki. Daki bikin gatal. tapi ada juga orang-orang tertentu yang alergi dingin dan bikin gatal. Selain itu juga harus diperhatikan kondisi AC di ruangan. AC bikin kulit kering, kulit kering rentan akan gatal.
  • Kebersihan badan. Gak mandi sehari pasti gatal kan ? bau pula cccyyynnnn
  • Berat badan. Usahakan jangan sampai over weight. Kenapa? orang gendut itu gampang keringetan, terutama dilipetan kulit seperti payudara bagian bawah, selangkangan, lipetan perut, pluuussss akibatnya selain gatel pasti bau. Coba deh lu deket-deket orang gendut pasti bau badan. 
  • Mantan. Nah nah nah nah... ada yang alergi gatal-gatal gak kalo ketemu mantan????!!!
Kalo kita sudah tau penyebab alergi/gatal, maka apa yang harus kita lakukan, dikarenakan beberapa faktor tersebut terkadang gak bisa kita hindari. 
Here is my daily routines:
  • Jaga kebersihan lingkungan rumah dan kantor. Nyapu + ngepel itu kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari ya, utamanya di rumah ya.... either lu sendiri yang ngerjain atau pembantu... kalo kantor kan urusan OB. 
  • Tempat tidur. Jaga-jaga sebelum tidur, itu kasur dikebut-kebut (apa ya istilahnya) pake sapu lidi khusus kasur itu loh. Supaya kotoran dari atas plafon yang rontok di kasur dibersihkan.
  • Sofa/tempat nonton tivi.
  • Kamar mandi. Ya biar pun gak perlu tiap hari dibersihin ya... cuma liat lah kalo mulai kotor ya segera bersihin. Entah lantainya atau bak mandi nya atau WC nya.
Morning routines:
  • Gunakan sabun khusus yang ekstra pelembab / extra moisturizer saat mandi
  • Selesai mandi, setelah badan dikeringkan, Oleskan tipis-tipis aja serum/essense/body oil. Beli di toko macam Guardian/Watsons/Century... misalnya merk Bio Oil
  • Lanjutkan dengan Body Lotion atau Body Butter. Pilih yang untuk kulit kering/ekstra kering/kulit sensitif.
Morning routines ini dapat diaplikasikan kembali saat malam hari sebelum tidur / night routines

Saat beraktifitas di luar rumah ;
  • Selalu bawa tisu kering/tisu basah dan body lotion. Setiap kali kulit terasa kering, segera basuh dengan air. kalo gak ada air bisa pake tisu basah. Keringkan dengan tisu biasa, terus oleskan body lotion.
Saat kulit sensitif dalam kondisi nyaman/adem/lembab, maka si kulit akan 'anteng' (apa ya istilahnya) dan tidak mudah bereaksi terhadap faktor penyebab alergi/gatal.

Rutin ke dokter kulit, paling tidak setahun sekali untuk kontrol atau sekedar minta resep salep racikan si dokter untuk jaga-jaga kalo kulit mulai timbul korengannya.

Sampai saat ini, gue pun masih struggle dan bejuang mati-matian menghadapi Plurigo yang datang tak diundang, pergi tak diantar ini. Ribet sih pasti, tapi ya mau gimana lagi ya... So buat teman-teman yang senasib, jangan pernah menyerah sama Plurigo ya. :D



Related article :
http://bellezuli.blogspot.co.id/2013/09/prurigo-oh-prurigo.html



25 comments:

  1. thanks for your sharing experience about plurigo , hehehe . saat aku baca pengalaman kamu , aku ngerasa gak begitu galau lagi karna ternyata bnyak juga yang ngerasain gatal-gatal , berobat sana sini tapi terkadang itu gatal suka muncul muncul lagi ( mungkin gatal kangen sama kulit kita , hehehe ) semoga kita semua bisa sembuh dan bekas luka hitam hitam bisa hilang dan memudar , amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tini.... thanks atas responnya... semoga bermanfaat ya :D

      Delete
  2. Hi, mau tanya dong. Aku sering ada bentol tiba2 gitu (mungkin karena serangga kecil/kotoran yg ga disadari), dan pas tahun 2009 pernah kegaruk sampai jd luka, lalu luka itu jd berair dan malah melebar sampai diameter sekitar 5cm, ada cekungan2an kecil di dalam lukanya (kulit yg gatal itu udah kayak dimakanin makhluk kecil kasat mata gitu). Awalnya kukira eksim. Tp sekarang yg ngalamin luka mirip eksim tsb ini anakku, persis banget lukanya kayak yg pernah ku alami, udah coba pakai salep antibiotik yg utk bakteri tp malah makin bonyok berair. Apa ada saran salep apa yg bisa bikin luka itu kering ya. Aku baru nyadar pas baca di google kalo gejala yg aku n anakku alamin itu persis plurigo karna aku memang sensitif kulitnya, baru tidur di kasur ngeres aja bbrp detik kemudian bentol2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Olyvia.... coba konsultasi ke dokter kulit yang ada di daerah kamu deh... biasanya dikasih kok salep racikan untuk gatal-gatalnya.... Thanks for sharing :D

      Delete
  3. Cara untuk menghilangkan bekas luka hitam2 kyak gmna ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah berobat ke dokter kulit kah? biasanya dikasih salep racikan sih.... :)

      Delete
  4. , sudah 6 bulanan ini, struggling sampai akhirnya sy menyerah,Saya pun kena

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... kadang saya juga gitu... udah bodo amat.... tapi ya nanti kalo udah berasa gak kuat gatal banget ya mulai diobatin lagi ke dokter...

      Delete
  5. Terima kasih sharingnya. Saya sejak kecil penderita prurigo. Sudah berobat ke be berapa dokter kulit, kadang pasrah kadang galau. Daaan menemukan tulisan ini. Terima kasih tulisannya sang at bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. mba aku mau tanya. dr.kusmarinah praktek di jakrta skin center adanya hari apa dan jam brp ? untuk yg non vip. terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadwal pastinya saya gak tau.... saya sih ke JSC kapan aja pas ada waktunya & dengan dokter siapa aja yang ada... silahkan kamu telpon aja langsung ke JSC-nya ya.... thanks

      Delete
  7. Gk prnah ada riwayat prurigo wktu kecil pas udh hmpir setahun ini aja timbul gk jls tiba" gatel, dikira gates biasa digaruk malah nyebar..nasib-nasib :/ apa ada makanan yg msti dihindari ya secara analisa sya abs mkan telor jdi kumat sprtinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke dokter kulit aja mas.... hanya dokter yang bisa diagnosa penyakit tersebut.... terima kasih atas responnya, semoga cepat sembuh ya :D

      Delete
  8. Aku ngalamin ini tapi nggak sadar sejak kapan, sedih sih banget malah.. Masak sekali nempel kasur yg ngeres lamgsung gatal semua, kena serangga dikit gatal lahi kena debu gatal dikit" gatal kena dingin gatal alhasil bentol" banyak di tangan dan kaki.. Belum lagi bekasnya gak ilang" 😣😣
    Sedih bangettt
    Trus ini aku harus gimana?
    Masa iya seumur hidup kaya gini?
    Minum obat dr dokter,salep dan kemana mana bawa body lotion kan itu ribet banget ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Naynay.... salam kenal....

      speechless lah aku mendengar curhatanmu... karna akupun merasakan hal yang sama... :(((

      saling menguatkanlah kita semua disini...jangan pernah menyerah pada plurigo ya say... :))

      salam

      Delete
  9. Sampai sekarang pun saya masih mengalaminyaa pernah hilang beberapa tahun terus sekarang kambuh lagii .. Udah berbagai macam salep obat minum dan sabun tetap aja gak hilang2 tu prurigoo ..terkdang kesel tapi nikmatin aja ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kalo mau sharing pengalaman disini ya...

      Delete
  10. Sis, saya kira hanya saya yang kena prurigo, duh gusti yah sis dari tahun 2015 cuman berobat sekali ke dokter tahun 2017 sampai sekarang belum ke dokter kulit lagi karna enggak sempet duh yah waktu kerja yang tiada batas.
    saya le dokter kulit rumah sakit sih sis, saya juga sangat sering berkegiatan di luar ruangan, kena panas gatel, kena debu gatel, stres belajar kuliah gatel duh enggak bisa nih tangan kalau enggak garuk garuk.
    makassih infonya yah sis
    kemarin saya makan udang efeknya langsung merah gantal duh pusying makanan di rumah sundanisse banget.
    dan saya tuh males banget buat ngobatin ini penyakit punya niat tapi enggak dilaksanain buat sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga berguna ya... ayo jangan malas ngobatinnya. Semangat ya...

      Delete
  11. SIS body lation yang sering di pake apa ? sama sabun juga .. ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sabun biasanya oilum, dove, bioderma. Kalo body lotion biasa pake bioderma, cetaphil, pshyogel.

      Delete
  12. Pro rugi saya parah banget sampe sebadan bentol hitam2 semua kecuali wajah, dah capek menyerah ke dokter kulit krn setiap obat habis dll kambuh, cream racikan saya kira2 300an ribu itupun cuma bisa dipake 3 minggu,saat memakai enak dan tdk membekas krn gt trasa gatal langsung sembuh ga sempet bentol, tp lama2 boros juga,akhirnya saya bosan akhirnya mencoba berdamai dg penyakit ini. Saya putuskan memakai baju muslim utk menutupi prurigo saya dan tetap saya garuk wali gatal dan membekas, saya sdh stress dg penyakit ini

    ReplyDelete
  13. Kak, saya juga pengidap prurigo hebra/darah manis akut, saya sudah sering berobat tapi ga sembuh2 juga ☹️, tolong kasih tips dong kak biar saya kuat sama penyakit ini ☹️

    ReplyDelete
  14. Apa kabar saya yang merasakan ini sejak lahir 😭 tapi yaa, waktu saya tinggal di kampung halaman saya, kalo di daerah yang jarang ada nyamuk/serangga lainnya, kulit saya adem bahkan bekas-bekas hitamnya mudah hilang. Sepertinya penyebab utama sekali tuh yaa nyamuk dan debu deh. Dan penyakit ini penyebab utama saya gak pernah pacaran, syedihh 😭

    ReplyDelete

Wajik Hias Bunga Pandan

Motif baru ya gaess... Untuk pemesanan area Jakarta, silahkan hubungi WA/Call 081315530539